Gemuruh Sholawat di Bumi Bahrul Ulum

Posted by on Jun 10, 2016

syekher mania jombangPanitia 1 Abad kembali menjadi inisiator kemeriahan peringatan keberadaan 1 abad madrasah di pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang yang sekaligus sedang berulang tahun (ultah) ke 191 pada kamis, 2/6/2016.

Rasa syukur tiada henti-henti-nya terucap K.H. Fadhlullah Abd. Malik yang tersebut dalam sambutan-nya ” Alhamdulillah, dimalam hari ini cuaca cerah, tidak hujan.” yang mana hari sebelum-nya (30/5/2016) dalam rangkaian acara satu abad yang lain yakni wayang santri, diguyur hujan, sehingga membanjiri tempat, yang sedianya diadakan di halaman yayasan pondok.

Gus fad (sebutan akrab K.H.. Fadhlullah) menambahkan doa-nya, semoga acara demi acara 1 abad ini di ijabahi oleh Allah SWT. sampai pada tanggal 4 juni, tidak terjadi kendala apapun.

Kali ini digawangi langsung oleh devisi sholawat yakni K.H. Salman Al-Farizi dkk dihalaman Gedung serbaguna (GSG) Hasbullah-Said tepatnya. Dimulai ba’da sholat Isya’ yang diikuti oleh segenap jajaran pengasuh Pondok, seluruh santri baik putra maupun putri, IPNU dan IPPNU se-Jombang, dan masyarakat sekitaran desa Tambakrejo.

Acara yang bertajuk “Lailatus Sholawat ‘kolosal banjari’ ” dengan dilengkapi penerbang sebanyak 150, termasuk santri dan murid madrasah yang ada didalam naungan yayasan pondok, menjadikan suasana gemuruh akan keindahan ritme-ritme yang ditabuh-nya.

Sebagaimana lantunan sholawat yang biasa dihelat diberbagai daerah, dengan menyandarkan fanatik-nya terhadap Habib Syaikh bin Abdul Qadir as-Segaf. Sehingga muncul jargon “Syaikher Mania”. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri, untuk terus membasahi mulut dengan sholawatan.

Acara yang sebelumnya Diselingi pelantikan Ikatan Alumni Bahrul Ulum (Ikabu) Indonesia, juga turut menghadirkan Kh. Maman Imanulhaq, pengasuh Pondok Pesantren Al Mizan di Ciborelang, Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat. Berikut petikan ceramah-nya “Santri Tambakberas harus mampu mengenal kyai-nya, seperti contoh Gus Dur. Beliau adalah kyai kharismatik yang banyak mewarnai kehidupan saya, bahkan seluruh Indonesia. Dengan kecerdasan-nya, Gus Dur mampu mengelabuhi musuh-nya.” Kyai muda yang terinspirasi oleh kehebatan Gus Dur dan berusaha untuk berdakwah sebagaimana yang Gus Dur lakukan.

Para hadirin juga menikmati gaya ceramah-nya, begitu juga para santri. Mereka khusyu’ mendengarkan, karena bahasa yang digunakan sederhana dan cocok untuk kawula muda, tak ketinggalan juga irisan puisinya.

Sebagai anggota Mahkamah Kehormatan Dewan, beliau juga mengingatkan, yang terkhusus untuk santri, agar mengedepankan akhlaq pesantren, dengan berdakwah secara sejuk ala thoriqoh “Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nahdliyah” dan jangan sampai terjerumus dalam sifat keserakahan atau korupsi.

Acara ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Kh. Ahmad Hasan Hasibuan

Tulisan yang lain :

  • Sakral Bersama Habib MuhammadSakral Bersama Habib Muhammad Jombang hari kamis malam jum’at halaman yayasan pondok pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang tidak seperti malam-malam sebelumnya, malam itu […]
  • Haul ke 43Haul ke 43 Haul ke-43 al maghfurlah KH. Abd. Wahab Chasbullah akan diselenggarakan pada: Hari/Tanggal : Senin-Ahad, 1 s/d. 6 September 2014 Tempat : PON. […]
  • Training Motivasi dan Bedah Buku Hizbut TahrirTraining Motivasi dan Bedah Buku Hizbut Tahrir Tambakberas   Sesuai dengan agenda tahunan Ribath Al-Muhajirin 1 Pondok pesantren Bahrul Ulum poin 5 tentang kewajiban Ribath untuk mengadakan […]
  • Refleksi problematika fiqh konteporerRefleksi problematika fiqh konteporer Refleksi problematika fiqh konteporer Salman Alfarisi  Syariat Islam diperkenalkan oleh Allah sebagai syariat yang universal, berlaku di setiap […]
  • Periode Pengembangan – Sejarah Pondok Pesantren Bahrul UlumPeriode Pengembangan – Sejarah Pondok Pesantren Bahrul Ulum PERIODE PENGEMBANGAN PERTAMA Setelah kyai Utsman dan kyai Sa’id wafat, penerus tampuk pimpinan pesantren adalah kyai Hasbulloh, putra kyai Sa’id. […]

Leave a comment

Berlangganan Tulisan ke Email

Ketik email anda untu mendapatkan update terbaru langsung ke email anda.